Belajar Sistem Operasi Jaringan Part 1


Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan materi tentang Sistem Operasi Jaringan yang pada umumnya ini adalah pembelajar SMK sekitar kelas X atau kelas 11 (ingat ini SMK bukan SMA) dan juga termasuk kedalam jurusan Teknik Komputer Jaringan atau yang biasa disingkat TKJ. Nah langsung saja dimulai materinya :

SISTEM OPERASI JARINGAN

Sebelum kita membahas materi tersebut kita perlu tahu tentang sistem operasi dan jaringan komputer setelah kita mengetahui baru kita gabung definisi atau pengertian tersebut.


  • Sistem Operasi 
Adalah Suatu perangkat lunak atau software yang bertujuan untuk menerjemahkan bilang biner (0 dan 1), mengontrol dan memanajemen perangkat keras serta peintah/operasi dasar sistem, termasuk menjalankan program-program aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Power Point dan sebagainya dan juga untuk memudahkan pekerjaan manusia atau bisa disebut juga penghubung antar perangkat keras komputer dengan user yang menjalankannya.


  • Jaringan Komputer 
Adalah sekelompok komputer yang saling terhubung satu antar lainnya sehingga dapat berbagi infomasi, data, file dan bahkan perangkat keras.

Nah setelah kita mengetahui hal tersebut kita bisa menggabung dua definisi sehingga dapat membentuk :

  • Sistem Operasi Jaringan
Adalah suatu sistem operasi yang sengaja dibuat untuk menangani jaringan komputer dan memiliki kelebihan dibandingkan sistem operasi (OS) biasa dan pada umumnya memiliki banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, DHCP, remote server dan lain sebagainya.

Fungsi Sistem Operasi Jaringan 
karena Sistem Operasi Jaringan memiliki kelebihan dibandingkan sistem operasi biasa sehingga juga memliki fungsi yang lebih juga, antara lain :
  1. Menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan
  2. Mengelola sumber daya jaringan
  3. Menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users
  4. Mudah menambahkan client dan sumber daya lainnnya
  5. Memonitor status dan fungsi elemen – elemen jaringan
  6. Distribusi program dan update software ke client
  7. Menggunakan kemampuan server secara efisien
  8. Menyediakan tolerasi kesalahan
  9. Menyediakan layananSevice/Layanan Yang Biasa Diberikan Oleh Sistem Operasi Jaringan meliputi:
  • Layanan DHCP (Dynamic Host Configuration System), adalah komputer server yang men-assign IP address kepada client yang meminta IP address dalam suatu jaringan.
  • Layanan DNS (Domain Name Server), yaitu sebuah aplikasi service yang biasa digunakan dalam internet seperti web browser atau email yang berfungsi menerjemahkan IP address menjadi nama domain ataupun sebaliknya.
  • Layanan FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar data atau file dalam sebuah network yang menggunakan TCP/IP.
  • Layanan Web Server adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML
  • Layanan Remote Server, sebuah layanan untuk mengendalikan server dari jarak jauh
  • Dan layanan lainnya.
Nah sekian dari saya dan juga akan dilanjutkan ke Part 2-nya.

Post a Comment

3 Comments

  1. Replies
    1. Silakan Gan dikunjungi part dua nya :
      https://redsnow09.blogspot.com/2019/03/sistem-operasi-jaringan-part-2.html

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete