Belajar membuat aplikasi android bagi pemula -part 1


Pengenalan

Apa itu android?

Android adalah sebuah sistem operasi yang dirancang oleh Google yang berbasiskan kernel Linux dan berbagai perangkat lunak Open Source lainnya serta biasa digunakan untuk perangkat dengan layar sentuh seperti smartphone dan tablet.

Walau Android adalah milik Google, Google tidak memungut biaya bagi siapapun yang ingin menggunakan Android karena Android adalah perangkat lunak open source.




Mengapa Android?

Kenapa menggunakan Android ?

Android memanjakan penggunanya dengan fitur yang sangat canggih dan tampilan yang bagus. Sistem Android dapat digunakan sebagai alat multimedia seperti pemutar musik dan video. Ia juga memiliki perangkat keras seperti accelerometer, gyroscope dan sensor lainnya.

Disamping itu ada beberapa hal yang membuat Android sebagai sistem operasi yang memang layak digunakan oleh pengguna atau dikembangkan para developer, seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Sistem Operasi Smartphone terpopuler

Sejak dirilis tahun 2008, Google telah mengeluarkan beberapa versi, dengan "Oreo" sebagai versi yang terbaru.

Pada tahun 2013, Android menjadi operation system (OS) terlaris pada tablet dan smartphone. Tercatat pada tahun 2016, store Android memiliki lebih dari 2.8 juta aplikasi.

Android menarik bagi perusahaan teknologi yang membutuhkan barang siap jadi, biaya rendah dan kustomisasi OS untuk perangkat teknologi tinggi mereka. Hal ini menjadi daya tarik bagi banyak perusahaan, sehingga mereka memilih Android.

Source code dari Android bersifat open source. Ini adalah hal menarik bagi komunitas developer, karena lisensi open source sangat mendukung untuk mengembangkan produknya dengan aman.

Store

Aplikasi Android bisa di distribusikan menggunakan web, copy APK, dan store. Store Android, yaitu Google Play, merupakan cara termudah bagi para developer untuk medistribusikan aplikasinya ke pasar yang memiliki miliaran pengguna.



Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. 

Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas Google Play mulai dikenalkan pada bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.

Bagaimana para developer memonetisasi aplikasi yang ada di dalam Google Play?

Strategi monetisasi aplikasi yang ditawarkan Google Play ada bermacam-macam. Dimulai dari app berbayar (paid distribution), pembelian dalam aplikasi (in-app purchase), langganan (subscriptions), dan iklan (ads). Tentunya developer harus mengikuti aturan yang ada untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman (user experience) yang paling baik.

Development Kit untuk Developer

Android Software Development Kit (SDK) merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. Di dalamnya, terdapat beberapa tools seperti debugger, software libraries, emulator, dokumentasi, sample code dan tutorial.

Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah Java. Namun ada beberapa bahasa lainnya yang dapat digunakan, seperti C++, dan Go. Pada IO 2017, Google juga meresmikan penggunaan Kotlin sebagai tambahan bahasa resmi.



Berbicara tentang pemrograman tentunya tidak lepas dari Integrated Development Environment (IDE). Pada 2014 Google mengeluarkan IDE yang bernama Android Studio yang berbasiskan Intellij IDEA.

Dengan menggunakan Android Studio, para developer dapat membuat aplikasi dari nol hingga dipublikasikan ke dalam store. Android Studio juga mempunyai beberapa fitur built-in yang sangat membantu para developer untuk memaksimalkan proses pembuatan aplikasi. Fitur-fitur ini misalnya Gradle, Code Completion, dan beragam integrasi dengan layanan dari Google, seperti Firebase.

Sejarah Perkembangan Android

Berikut adalah rangkaian sejarah perkembangan Android yang resmi diluncurkanoleh Google, dari waktu ke waktu.


Version
Code name
Release date
API level
DVM/ART
New features
9
Pie
August 6, 2018
28
ART
  • Adaptive Battery
  • Adaptive Brightness
8.0-8.1
Oreo
October 25, 2017
26 - 27
ART
  • Picture-in-Picture
7.1 - 7.1.2
Nougat
August 22, 2016
24 - 25
ART
  • Multi window
  • GIF Keyboard
6.0 - 6.0.1
Marshmallow
October 5, 2015
23
ART
  • Now On Tap
  • Permissions
  • Battery (Doze & App Standy)
5.1 - 5.1.1
Lollipop
November 12, 2014
21 - 22
ART
  • Material Design
  • Multiscreen
  • Notifications
4.4 - 4.4.4
KitKat
October 31, 2013
19 - 20
DVM (and ART 1.6.0)
  • Voice : Ok Google
  • Immersive Design
  • Smart Dialer
4.1 - 4.3.1
Jelly Bean
July 9, 2012
18
DVM
  • Google Now
  • Actionable Notifications
  • Account Switching
4.0 - 4.6
Ice Cream Sandwich
October 19, 2011
15
DVM
  • Custom Home Screen
  • Data Usage Control
  • Android Beam
3.0 - 3.2.6
HoneyComb
February 22, 2011
11 - 13
DVM
  • Tablet-Friendly Design
  • System Bar
  • Quick Settings
2.3 - 2.3.7
Gingerbread
February 9, 2011
9 - 10
DVM
  • Gaming APIs
  • NFC
  • Battery Management
2.2 - 2.23
Froyo
May 20, 2010
8
DVM
  • Voice Action
  • Portable Hotspot
  • Dalvik JIT
2.0 - 2.1
Eclair
October 26, 2009
5
-
  • Google Maps Navigation
  • Home Screen Customization
  • Speech-to-Text
1.6
Donut
September 15, 2009
4
-
  • Quick Search Box
  • Screen Size Diversity
  • Android Market
1.5
Cupcake
April 27, 2009
3
-
-
Sources : https://en.wikipedia.org/wiki/Android_(operating_system)

ART dan DVM

Dari tabel sejarah perkembangan di atas dapat kita lihat ada kolom DVM / ART. Kolom ini menunjukkan eksekusi kompilasi ketika menjalankan aplikasi Android. Pada API KitKat dan sebelumnya Android menggunakan DVM (Dalvik Virtual Machine). DVM menerapkan pendekatan JIT (Just-In-Time), di mana kompilasi dijalankan ketika ada permintaan untuk menjalankan aplikasi.

Sedangkan ART (Android Runtime) menerapkan pendekatan berbeda yaitu AOT (Ahead-Of-Time). AOT melakukan kompilasi pada saat proses instalasi aplikasi.

Dari versi Lollipop hingga Oreo, Android sepenuhnya mengadopsi ART, Kenapa demikian?

DVM menggunakan JIT yang berarti kompilasi dilakukan setiap kali aplikasi dijalankan. Hal ini sangat mempengaruhi kecepatan respon aplikasi. Setiap kali kita menyentuh ikon aplikasi maka kompilasi akan dilakukan. Tentu proses ini menghabiskan CPU dan berimbas pada relatif lebih borosnya penggunaan baterai.

Beda dengan DVM, ART melakukan proses kompilasi pada saat proses instalasi. Jadi setiap kali aplikasi dijalankan, sudah tidak ada lagi proses kompilasi. Hal ini meningkatkan performa dalam menjalankan aplikasi. Selain itu, karena penggunaan sumber daya CPU bisa dikurangi, pemakaian baterai jadi lebih hemat. Akan tetapi ART membutuhkan space (ukuran berkas) yang lebih besar jika dibandingkan dengan DVM.

Android Studio

Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu - Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android, misalnya:
  1. Sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel
  2. Emulator yang cepat dan kaya fitur
  3. Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android
  4. Instant Run untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru
  5. Template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh
  6. Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif
  7. Alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah-masalah lain
  8. Dukungan C++ dan NDK
  9. Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, mempermudah pengintegrasian Google Cloud Messaging dan App Engine
Persyaratan System

Windows
Mac
Linux
  • Microsoft® Windows® 7/8/10 (32- atau 64-bit)
  • RAM minimum 3 GB, RAM yang disarankan 8 GB; tambah 1 GB untuk Android Emulator
  • Ruang disk minimum yang tersedia 2 GB,
    Disarankan 4 GB (500 MB untuk IDE + 1,5 GB untuk Android SDK dan gambar sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800
  • Mac® OS X® 10.10 (Yosemite) atau lebih baru, hingga 10.13 (macOS High Sierra)
  • RAM minimum 3 GB, RAM yang disarankan 8 GB; tambah 1 GB untuk Android Emulator
  • Ruang disk minimum yang tersedia 2 GB,
    Disarankan 4 GB (500 MB untuk IDE + 1,5 GB untuk Android SDK dan gambar sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800
  • Desktop GNOME atau KDE
Telah diuji pada Ubuntu® 14.04 LTS, Trusty Tahr (distribusi 64-bit yang mampu menjalankan aplikasi 32-bit)
  • Distribusi 64-bit yang mampu menjalankan aplikasi 32-bit
  • GNU C Library (glibc) 2.19 atau lebih baru
  • RAM minimum 3 GB, RAM yang disarankan 8 GB; tambah 1 GB untuk Android Emulator
  • Ruang disk minimum yang tersedia 2 GB,
    Disarankan 4 GB (500 MB untuk IDE + 1,5 GB untuk Android SDK dan gambar sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800

Post a Comment

0 Comments