membuat game 2d sederhana dengan unity


Pada proses pembuatan Game kali ini saya menggunakan Software yang bernama Unity.
Unity adalah sebuah software game development (Game Engine) yang digunakan untuk membuat setengah dari game dunia. Platform waktu nyata kami, ditenagai oleh alat dan layanan, menawarkan kemungkinan luar biasa bagi pengembang game, dan pembuat di berbagai industri dan aplikasi.

Unity juga dapat dibuild di berbagai platform seperti dibawah ini:

Unity juga mendukung pembuatan game berbasis 2D & 3D sehingga  memungkinkan para develover dapat berkreasi dalam membuat berbagai jenis game.

Syarat untuk mengistal Unity 2019
Sebelum mengunduh Unity, pastikan bahwa anda telah memenuhi system requirements, berikut ini:
  • OS : Windows 7 SP1 +, 8, 10, hanya versi 64-bit; macOS 10.12+ 
  • Versi server Windows & OS X tidak diuji.
  • CPU : dukungan set instruksi SSE2.
  • GPU : Kartu grafis dengan kemampuan DX10 (model shader 4.0).
  • Sisanya sebagian besar tergantung pada kompleksitas proyek Anda.
Cara Mengunduh Unity

  1. Masukkan URL: https://store.unity.com/ untuk unduh secara online.
  2. Disitu terdapat 3 pilihan,Yaitu : Unity Personal,Unity Pro & Unity Plus.
  3. Lalu pilihlah yang Personal karena bersifat Free. 

Jika anda ingin mengunduhnya secara offline dapat melakukan cara berikut ini:
  1. Buka tautan: https://unity3d.com/get-unity/download/archive.
  2. akan terdapat banyak pilihan lebih baik pilihlah Unity yang paling baru.
Cara menginstal Unity

1. Setelah Unity kita telah selesai diunduh, unduh juga Unity Download Assitant. Jangan lupa nyalakan koneksi internet untuk men-downloadnya.Langakah-langkahnya yakni sebagai berikut:


2. Kemudian centang kotak Agreement untuk menyetujui peraturan-peraturan yang terdapat dalam Unity. Lalu klik Next untuk melanjutkan proses instalasai.


3. Kemudian pilih komponen yang akan di instal. Lalu klik Next untuk melanjutkan prosesnya.

Komponen terdiri dari:
  • Unity 2019, sebuah editor yang didalamnya terdapat MonoDevelop untuk membuat game .Jika terlewat meng-install Unity, Documentation, Standard Assets, dan Example Project, Anda dapat unduh di https:https://unity3d.com/get-unity/download/archive. Sedangkan untuk modul build support, Anda dapat mengunduhnya di jendela Build Settings.
4. Setelah itu, tentukan lokasi install. Jika ingin memiliki beberapa versi Unity, Anda dapat menulis misal C:\Program Files\Unity2019 atau direktori lainnya yang telah anda instal. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.


5. Tunggu proses instalasi hingga selesai. Klik Finish apabila telah selesai.

Cara Unduh dan Instal Unity Hub

Unity Hub adalah aplikasi standalone yang membuat Anda lebih mudah mencari, mengunduh, dan mengelola proyek dan instalasi Unity. Selain itu, Anda dapat secara manual menambahkan versi Unity Editor yang telah Anda instal pada Unity Hub. Anda dapat menggunakan Unity Hub untuk:

  • Kelola akun dan lisensi Unity.
  • Kelola beberapa versi Unity yang sudah di instal.
  • Jalankan dua versi Unity secara bersamaan. Namun perlu diperhatikan, untuk mencegah kerusakan pada proyek, Anda hanya boleh membuka proyek dalam satu instance Unity Editor sekaligus.
  • Tambahkan komponen ke instalasi Unity Editor. Saat Anda mengunduh versi Editor melalui Unity Hub, Anda dapat menemukan dan menambahkan komponen lainnya (seperti platform yang disediakan, Visual Studio, dokumentasi offline, dan Standard Assets).
  • Gunakan template proyek untuk memulai proses pembuatan game. 


1. Unduh Unity  Hub pada tautan ini: https://unity3d.com/get-unity/download,

2.  Setelah proses unduh selesai, buka aplikasi Unity Hub dan akan muncul seperti gambar dibawah ini. Klik I Agree untuk menyetujui peraturan yang terdapat di layanan Unity.



3, Klik Browse lalu pilih lokasi untuk menginstal Unity Hub. Disarankan untuk pilih lokasi instal di dalam satu direktori Unity Editor, lalu klik Instal.



4. Jika proses instalasi telah selesai, centang Run Unity Hub untuk menjalankan aplikasi Unity Hub. Kemudia, Klik Finish.



5. Setelah itu akan muncul Unity Hub , Sign in terlebih dahulu ke akun Unity. Atau anda dapat menjalankan Unity Hub secara offline.



6. Isikan Email dan Password kalian, lalu klik Sign in. Jika anda belum memliki akun anda dapat login dengan menggunakan akun Google dan Facebook.



7. Pilihlah lokasi instalasi Unity Editor yang telah diinstal dengan cara klik LOCATE.




Maka, Unity Editor yang telah diinstal akan muncul pada tab Installs.



8. Jika ingin membuat Projeck game maka masuklah ke tab Projeck lalu pilih ADD untuk menambahkan atau membuat Projeck game.


Anda dapat memilih versi Unity yang diinginkan dengan klik tandah panah ke bawah, namun jika Anda telah menginstal beberapa versi Unity.




Baca juga: Jenis-Jenis Game Online

Post a Comment

0 Comments