Pengenalan Bahasa C++ -03-



Komunikasi melalui console

Console merupakan interface dasar pada computers, biasanya berupa keyboard dan monitor. Keyboard merupakan alat input standar dan monitor adalah alat output standar. Dalam library iostream C++ , standard operasi input dan output untuk pemrograman didukung oleh 2 data streams: cin untuk input dan cout untuk output. Juga, cerr dan clog sebagai tambahan untuk output streams yang di desain khusus untuk menampilkan error messages. Dapat diarahkan langsung ke standard output maupun ke log file. 

Biasanya cout (standard output stream) ditujukan untuk monitor dan cin (standard input stream) ditujukan untuk keyboard. Dengan menggunakan dua streams ini, maka kita dapat berinteraksi dengan user dengan menampilkan messages pada monitor dan menerima input dari keyboard. 

Output (cout)
Penggunaan cout stream dhubungkan dengan operator overloaded  << (Sepasang tanda "less than").  Contoh :

cout << "Output sentence"; // prints Output sentence on screen cout << 120;               // prints number 120 on screen
cout << x;                 // prints the content of variable x on screen

Operator << dikenal sebagai insertion operator, dimana berfungsi untuk menginput data yang mengikutinya. Jika berupa string, maka harus diapit dengan kutip ganda ("), sehingga membedakannya dari variable. Contoh :
 
cout << "Hello";      // prints Hello on screen
cout << Hello;        // prints the content of Hello variable on screen


Operator insertion (<<) dapat digunakan lebih dari 1 kali dalam kalimat yang sama, Contoh  : 

cout << "Hello, " << "I am " << "a C++ sentence";

Contoh diatas akan menampilkan  Hello, I am a C++ sentence pada layar monitor. Manfaat dari pengulangan penggunaan operator insertion (<<) adalah untuk menampilkan kombinasi dari satu variabel dan konstanta atau lebih, contoh : 

cout << "Hello, I am " << age << " years old and my zipcode is " << zipcode; 

Misalkan variable age = 24 dan  variable zipcode = 90064 maka output yang dihasilkan :
Hello, I am 24 years old and my zipcode is 90064  
Contoh :
cout << "First sentence.\n "; cout << "Second sentence.\nThird sentence."; 
Output :
First sentence.
Second sentence.
Third sentence. 

Selain dengan karakter new-line, dapat juga menggunakan manipulator endl, contoh : 
cout << "First sentence." << endl; cout << "Second sentence." << endl; 
Output :
First sentence.
Second sentence. 

Baca juga: Belajar Membuat Game Sederhana "Unity"

Input (cin).

Menangani standard input pada C++ dengan menambahkan overloaded operator extraction (>>) pada cin stream. Harus diikuti bengan variable yang akan menyimpan data. Contoh : 
int age; cin >> age; 
Contoh diatas mendeklarasikan variabel age dengan tipe int dan menunggu input dari cin (keyborad) untuk disimpan di variabel age. 

cin akan memproses input dari keyboard sekali saja dan tombol ENTER harus ditekan.

Contoh :
// i/o example
#include <iostream.h>

int main () {
  int i;
  cout << "Please enter an integer value: ";   cin >> i;   cout << "The value you entered is " << i;   cout << " and its double is " << i*2 << ".\n";   return 0;
} Output :
Please enter an integer value: 702 The value you entered is 702 and its double is 1404. cin juga dapat digunakan untuk lebih dari satu input : 
cin >> a >> b; Equivalen dengan      :
cin >> a; cin >> b;
Dalam hal ini data yang di input harus 2, satu untuk variabel a dan lainnya untuk variabel b yang penulisannya dipisahkan dengan :  spasi, tabular atau newline.


P1.2 Contoh Kasus

§          my first program in C++ :
                                                 
// my first program in C++                                          
#include <iostream.h>
int main () {
  cout << "Hello World!";
  return 0;
}

 Hasil :

Hello World!
Sisi kiri merupakan source code, yang dapat diberi nama hiworld.cpp dan sisi kanan adalah hasilnya setelah di-kompile dan di-eksekusi.

Program diatas merupakan salah satu program paling sederhana dalam C++, tetapi dalam program tersebut mengandung komponen dasar yang selalu ada pada setiap pemrograman C++. Jika dilihat satu persatu :

// my first program in C++
Baris ini adalah komentar. semua baris yang diawali dengan dua garis miring (//) akan dianggap sebagai komentar dan tidak akan berpengaruh terhadap program. Dapat digunakan oleh programmer untuk menyertakan penjelasan singkat atau observasi yang terkait dengan program tersebut. 

#include <iostream.h>
Kalimat yang diawali dengan tanda (#) adalah are preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Dalam kasus ini kalimat  #include <iostream.h> memberitahukan preprocessor kompiler untuk menyertakan header file standard iostream. File spesifik ini juga termasuk library deklarasi standard I/O pada C++ dan file ini disertakan karena fungsi-fungsinya akan digunakan nanti dalam program. int main ()
Baris ini mencocokan  pada awal dari deklarasi fungsi main. fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dari fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. Pada dasarnya, seluruh program C++ memiliki fungsi  main
main diikuti oleh sepasang tanda kurung () karena merupakan fungsi. pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, dapat berisi
argumen didalamnya. Isi dari fungsi main selanjutnya akan mengikuti,berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}), seperti dalam contoh.
cout << "Hello World";
Intruksi ini merupakan hal yang paling penting dalam program contoh. cout merupakan standard output stream dalam C++ (biasanya monitor). cout dideklarasikan dalam  header file iostream.h, sehingga agar dapat digunakan maka file ini harus disertakan. 
Perhatikan setiap kalimat diakhiri dengan tanda semicolon (;). Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi pada program C++ manapun. 
return 0;
Intruksi return menyebabkan fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti instruksi tersebut, dalam kasus ini 0. Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri program. 

Tidak semua baris pada program ini melakukan aksi. Ada baris yang hanya berisi komentar (diawali //), baris yang berisi instruksi untuk preprocessor kompiler (Yang diawali #),kemudian baris yang merupakan inisialisasi sebuah fungsi (dalam kasus ini, fungsi main) dan baris yang berisi instruksi (seperti,  cout <<), baris yang terakhir ini disertakan dalam blok yang dibatasi oleh kurung kurawal ({}) dari fungsi  main

§ Contoh Kasus Sederhana Menggunakan Input :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

int main() {


char nama[20];


int tahun,umur;


clrscr();


cout << "Masukan nama Anda ? ";


cin >> nama;


cout << "Masukan tahun lahir anda ? ";


cin >> tahun;


umur = 2007 - tahun;


cout << "Hallo " << nama << ", Anda sedang belajar C++ ya ?" << endl;



cout << "Umur " << nama << " tahun 2007 adalah " << umur << " thn";


getch();


}
return 0;
endl 
=>
pindah baris, atau bisa dengan (“\n”).

Karena program kita menggunakan INT (lihat pada fungsi main), maka perlu adanya pengembalian nilai. Untuk itu kita gunakan return 0 agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kita dengan program. 

P. 1. 3 Latihan 

                                     
1. Perhatikan program di bawah ini, carilah output dari program tersebut :                
             
// operating with variables        
#include <iostream.h>            //pada MinGW (linux) tanpa ekstensi .h
#include <conio.h>     //hanya digunakan pada windows 
// using namespace std;           //hanya digunakan pada MinGW (Linux)        int main ()
{
  // declaring variables:
  int a, b;
  int result;

  // process:
  a = 5;   b = 2;   a = a + 1;   result = a - b;   cout<< result;
  getch();                                  //membutuhkan conio.h jika di MinGW (linux)
diganti  menjadi cin.get();
  return 0;
}

Baca Juga : Pengenalan Bahasa C++ -02-

Post a Comment

1 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete